Selasa, 20 Desember 2016

Pandangan islam tentang mengidolakan artis korea

Edit Posted by with 179 comments
Sebagai pecinta K-pop (kpopers), mungkin sebagian dari 50 indikasi ini pernah aku lakuin ya. Tapi, semenjak kpop mulai tenggelam dari Indonesia akupun juga mengurangi hal-hal ini lo. Simak yuk apa saja sih indikasi muslim/muslimah yang tejangkit virus kpop dan gimana sih hukum mengidolakan artis korea!

50 Indikasi Muslimah/Muslim Terjangkiti Virus Film/Aktor/Artis Korea (Renungan Untuk Kita Semua)

1. Meng-like page/halaman salah satu artis/aktor korea.

2. Luapan kekaguman dipublikasikan via status.

3. Lagu-lagu korea, meskipun tak dipahami, dijadikan dzikir di lisan

4. Mengganti foto profile dengan foto-foto mereka.

5. Mempelajari bahasa Korea tanpa tujuan yang jelas.

6. Mengikuti perkembangan berita mereka.

7. Mengoleksi foto-foto mereka, apalagi yang beredar di Facebook.

8. Membayangkan atau menghayal menjadi pasangan mereka.

9. Hati begitu bahagia menatap wajah mereka. Ini diikuti senyum tak jelas.

10. Menangis jika acara/film mereka terlewatkan

11. Begitu setia menonton film mereka walaupun menghabiskan waktu berhari-hari untuk menyelesaikan puluhan episode.

12. Mengikuti konser mereka.

13. Tiket konser, walaupun mahal dengan harga yang variasi, akan laris dan akan segera habis.

14. Begitu ridha dan ikhlas menanti di antrian pembelian tiket walaupun suasana membludak.

15. Histeris dan meneteskan air mata bahagia melihat wajah sang aktor yang terlihat tampan.

16. Tak sedikit adegan foto sang aktor sedang berciuman dengan pemain wanita. Lantas para muslimah akan bertutur dengan penuh harap: “seandainya aku.”

17. Mata mereka lebih berbinar cerah memandang wajah sang aktor.

18. Nama akun facebook menggunakan nama sang aktor atau istilah-istilah dalam bahasa korea.

19. Tiada hari tanpa gosip tentang mereka.

20. Judul-judul film mereka menjadi hafalan di luar kepala.

21. Pada tahap ngefans yang akut, ada yang yang melakukan operasi plastik agar wajah lebih mirip tampilan korea.

22. Begitu juga mode pakaian termasuk topi, switer, menjadi incaran walaupun harus mencarinya di rombengan.

23. Berlangganan majalah/tabloid yang khusus membicarakan tentang artis/aktor Korea.

24. Mode-mode yang mereka gunakan akan menjadi tren dan menjadi buruan karena dianggap standar kemewahan.

25. Termasuk dalam mode tersebut adalah celana. Bagi laki-laki dan wanita di zaman ini, celana pensil adalah lambang “gaul”.

27. Gaya rambut baik style maupun warna pun diteladani.

28. Begitu pula dengan gaya jalan. Para artis/aktor memiliki gaya khas dalam berjalan sesuai dengan peran mereka masing-masing dalam drama Korea. Ini juga yang ditiru anak muda.

29. Cara mereka berfose ketika di depan kamera. Ini pun ditiru.

30. Status-status facebook yang dipenuhi bahasa korea namun tidak dipahami.

31. Foto-foto mereka dari koran/majalah/tabloid dikumpulkan lalu dirangkai menjadi sebuah kliping.

32. Foto-foto mereka yang tersebar di internet akan di print kemudian dijadikan album dan dipampang di kamar-kamar. Ini menjadi pelipur hati bagi muslimah.

33. “Cium jauh.” Jemari muslimah akan mengelus-ngelus foto mereka, bahkan mencium foto mereka. Didekaplah di dada.

34. Mengikuti kontes-kontes maupun lomba atau sejenisnya dengan hadiah bertemu sang idola baik di Indonesia maupun di Korea.

35. Semakin memburu alat-alat kosmetik agar kulit tubuh maupun wajah lebih “cingklong” seperti sang idola.

36. Terkadang keinginan bertemu dengan mereka terbawa sampai alam mimpi.

37. Lebih senang mendengar lagu korea.

38. Mengoleksi film-film korea? Tentu saja.

39. Lebih sering ikut fitnes biar badan lebih kekar dan tinggi.

40. Handphone di-setting menggunakan bahasa korea.

41. Begitu pula nada dering atau nada tunggu, menggunakan lagu korea.

42. Melakukan diet agar tampil langsing seperti artis idola.

43. Majelis gosip? Kapan sih wanita tak pernah bergosip ria. “eh, di film yang kemarin dia gagah lho, tapi kok di film ini kurang macoo y?”

44. Hati tak sabar menanti episode demi episode.

45. Hati tak tenang menunggu serial terbaru dirilis.

46. Memantau jadwal tayang di bioskop.

47. Tertarik untuk melakoni pacaran.

48. Memanggil nama pacar dengan nama sang aktor.

49. Menghayal tingkat tinggi karena tersihir senyuman manis sang aktor. Mereka menghayalkan sang artis mendatangi mereka lalu mengecup keningnya.

50. Menghayal menjadi artis/aktor dan ikut bermain peran film bersama sang idola. Bahkan karena melihat cantik sang artis, mereka menghayal melepaskan jilbabnya agar kecantikan diekspos.
Ini menandakan parahnya kualitas cinta. Slogan mencintai Allah dan Rasul-Nya tetap ada namun mulai terkikis dan lenyap oleh deretan nama-nama sang aktor. Inilah bius-bius cinta yang menyihir. Secara perlahan atau cepat akan mengikis kualitas iman apalagi pada saat yang sama banyak kewajiab syar’i terbengkalai dan menumpuknya pelanggaran etika syar’i.
Hukum mengidolakan seseorang tergantung dari sebab kenapa ia mengidolakan orang tersebut? Apabila sebabnya haram maka hukumnya haram, apabila sebabnya halal maka hukumnya halal, demikian pula apabila sebabnya kufur maka ia dihukumi kafir.
Mengidolakan seorang kafir karena permainan sepakbola yang menawan maka hukumnya halal, mengidolakan seorang muslim karena kemaksiatan yang dilakukan maka hukumnya maksiat. Mencintai seorang kafir karena setuju dengan kekafirannya maka ia kafir. Dalam keadaan dipaksa, Seseorang yang mengucapkan kata-kata kekafiran akan tetapi hatinya tetap beriman tidak dihukumi kafir Allah Berfirman: “Barangsiapa yang kafir kepada Allah sesudah Dia beriman (dia mendapat kemurkaan Allah), kecuali orang yang dipaksa kafir Padahal hatinya tetap tenang dalam beriman (dia tidak berdosa), akan tetapi orang yang melapangkan dadanya untuk kekafiran, Maka kemurkaan Allah menimpanya dan baginya azab yang besar. ( An Nahl : 106)
Sebagian orang melihat hukum mengidolakan seseorang ditinjau dari agama sang idola, apabila ia kafir maka hukumnya kafir. Yang dijadikan landasan adalah prinsip al walaa dan al barraaa. Disamping itu mereka berargumentasi dengan firman Allah: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman setia yang kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal sesungguhnya mereka telah ingkar kepada kebenaran yang datang kepadamu, mereka mengusir Rasul dan (mengusir) kamu karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad di jalan-Ku dan mencari keridhaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang. Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antara kamu yang melakukannya, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus.
(QS al-Mumtahanah[60]:1).
Juga mereka berdalil dengan sabda Rasulullah saw: “Tidaklah seseorang mencintai suatu kaum melainkan dia akan dikumpulkan bersama mereka pada hari kiamat nanti.”
Naah kalau begitu, kita harus lebih berhati-hati dan selektif ya kalok mau mengidolakan seseorang atau sesuatu. Semoga bermanfaat. :)



See you on next post. Byee~~

179 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.. Saya seorang muslimah yang ingin sekali berhijrah, namun saya masih belum bisa melupakan kegemaran saya yaitu KPOP ini.. Dalam 50 indikasi yang mbak tulis di atas, saya hanya mengalami 10 indikasi saja.. Kata teman saya yang sudah lebih dahulu berhijrah, masalah saya terletak pada niat dan kemantapan hati. Sehari-hari saya mendengarkan lagu KPOP ketika sedang belajar dan bekerja karena itu membuat saya tidak mengantuk dan semangat. Saya tidak fanatik pada penyanyinya, namun tidak dipungkiri juga saya sering jatuh cinta pada penampilan dan kemampuan mereka. Jadi mbak, mohon masukannya... Apakah jika benar2 ingin berhijrah saya harus menghilangkan kebiasaan mendengarkan lagu KPOP ini 100%, lalu bagaimana caranya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa Alaikum salam wr. Wb.

      Jika kamu ingin berhijrah maka taubat lah kamu dengan meninggalkan sesuatu yang dilarang dalam Islam.
      Masalah kamu menjadi semangat dalam beraktivitas karena mendengarkan lagu-lagu kpop, ketahuilah kamu telah melanggar ajaran Islam karena hukum mendengarkan lagu(musik) itu haram.*bisa dicari dalilnya atau cari di youtube untuk lebih jelas. Saya sarankan kamu lebih banyak mendengarkan lantunan Al-Qur'an dari pada lagu lagu kpop. Tinggalkan sedikit demi sedikit.

      Kamu sebaiknya tidak boleh mengganggumu bahkan mencintai atau sampai mengikuti gaya gaya orang non muslim(kafir). Ketahuilah jika kamu mengikuti atau condong hati kepada selain Allah SWT, maka berhati-hatilah.

      Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

      مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

      “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad 2: 50 dan Abu Daud no. 4031. Syaikhul Islam dalam Iqtidho‘ 1: 269 mengatakan bahwa sanad hadits ini jayyid/bagus. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Irwa’ul Gholil no. 1269).

      Saya tidak katakan bahwa semua kpop itu kafir dan saya juga tidak tau kepercayaan mereka. Tapi jika kepercayaan mereka bukan Allah SWT (Agama Islam) berarti sudah mutlak mereka semua kafir. Sedangkan hadist diatas bermakna barang siapa yg menyerupai suatu kaum berarti dia bagian dari mereka. Jika sudah jelas mereka kafir dan kamu mengikuti dan menyerupai ya berarti kamu termasuk golongan mereka..

      Jadi kalau hijrah, hijrahlah sepenuhnya karena Allah SWT..

      Semoga terjawab

      Wassalamu'alaikum wr.wb


      Hapus
    2. Ka,saya itu kpopers yg sulit sekali untk meninggalkan kpop,tapi kalau saya sanggup mengimbangi atau membagi waktu antara ibadah dn menikmati dunia kpop,apakah saya tetap harus meninggalkan perkpopan?

      Hapus
    3. Maaf saya juga seorang kpop...kalo menurut Qur'an tidak boleh maka saya akan menghentikan...masalahnya satu kak..jika saya menjadi lebih baik...maka temen akan mengejek kak...biasanya ngejeknya gini...SOK ALIM...padahal kita udah berusaha mendekatkan diri pada Allah.

      Hapus
    4. Assalamualaikum. Kak mau tanya. Aku juga kpop kan. Nah aku tu suka banget namanya kpop. Aku juga beli barang yang sama seperti mereka. Seperti album dll. Trus. Apa itu salah?. Sedangkan aku susah untuk ninggalin dunia perkpop an. Aku juga pengen nambahin pahala aku. Apa model suka ku ini mengurangi pahala?. Soalnya kalau aku tinggalin rasanya gbisa klo satu hari itu ga dengerin lagunya. Tapi selain suka lagu kpop. Aku suka lagu sabyan kak. Gmn dong?

      Hapus
    5. Coba kamu dengerin Lagus Sholawatan,Religi,Tartil,Rotib Dll insyaallah Nanti kamu bisa melupakan:)

      Hapus
    6. K aku juga kpop nah ada temen aku yg suruh aku berhenti buat suka kpop katanya orng yg suka kpop itu di hari kiamat gk akan ketemu nabi muhammad saw , aku jga pengen k tinggalin kpop cuman aku belum bisa soalnya aku masih simpen kayak gantungannya dll. Jadi aku harus gimana k


      Minta sarannya

      Hapus
    7. Sering2 dengar lantunan ayat suci Al-Quran, lagu3 sholawat yg bkin adem d hati,, bnyk2 membaca sejarah2 rasul saw, teladan" Rasul saw, kisah teladan sahabat dll, sering2 lakukan kegiatan yg bermanfaat berhubungan dgn keagamaan, berusaha menghapus apapun yg berhubungan dgn kpop seperti foto, lagu, video, dll. Jgn mikir "wah ini ganteng/cantik gk jdi hapus aja deh" (No). Klo masih berpikiran seperti itu nnti malah susah buat ngelupain. Banyak2 berzikir mengingat Allah, jgn lupa jga buat perbanyak sholawat kpd nabi saw, hindari segala sesuatu yg berbau dgn kpop, klo ada yg ngomong in kpop mending diam aja. InsyaAllah sedikit demi sedikit bsa d lupakan.


      Maaf, sebelumnya saya jga kpopers, tpi alhamdulillah sudah hijrah dr kpop (istilahnya) kembali lagi ke Allah swt. Semoga bsa hijrah yaa, aamiin allahumma aamiin

      Hapus
    8. Assalamualaikum
      Pendapat saya :
      Kalau mau berubah lebih baik gausah takut diejek "sok alim"
      Kan kita mau berubah jadi lebih baik karena Allah kan bukan karena mau dibilang "sok alim" jadi semangat untuk berubah menjadi lebih baik,Istiqomah bersholawat.

      Hapus
  2. jika setiap hari kamu selalu bersemangat karena mendengarkan lagu korea dan tidak bisa lepas dari nyanyian tsb maka kamu pasti tidak akan begitu merindukan lantunan surah al-quran, mungkin juga kamu tidak akan senang ketika mendengarnya, dan yang lebih parahnya kamu tidak akan merasakan kenikmatan tatkala mendengar al-quran dibanding mendengar lagu tsb.
    kalau kamu benar-benar ingin berhijrah, salah satu caranya yaitu menghilangkan kebiasaan mendengarkan lagu yang tidak bermanfaat seperti lagu korea ini.
    Kiat Mengobati virus nyanyian dan musik.
    Beberapa langkah yang dianjurkan, diantaranya:
    1. Jangan mendengarkan musik, baik dari radio, televisi atau lainnya. Apalagi jika syair-syairnya tak sesuai dengan akhlak Islam dan diiringi dengan musik.
    2.Membaca sirah Shallallahu ‘alaihi wasallam (riwayat hidup Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam). Demikian pula sejarah hidup para sahabat beliau.

    semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana dengan saya yg menyukai kpop dan dramanya namun tidak pernah melupakan iman dan al-quran ? Apakah saya juga salah ?

      Hapus
    2. dilihat dulu dari intensitas kegiatan menonton drama korea dengan membaca alquran lebih banyak mana?. kalau lebih banyak batil(buruk)nya lebih baik ditinggalkan

      Hapus
    3. Kak..saya juga K-POPpers,tapinsaya tidak meninggalkan kewajiban saya sebagai umat muslim,apakah saya salah mengidolakan mereka?saya tidak terlalu sering mendengarkan lagu mereka,sesekali juga saya berhenti sejenak melupakan kalau saya K-POPers,apa saya juga salah?

      Hapus
    4. Kak aku juga kpopers
      Jika aku tetap menjadi seorang kpopers dan selalu tepat waktu dalam menjalankan ibadah dan juga rajin membaca Al-Quran...Apakah aku tetap dosa???

      Hapus
  3. Kak saya mau menanyakan sesuatu, saya penggemar kpop dan saya seorang muslim. Jika saya sudah terlanjur melakukannya apakah saya bisa mehilangkan dosanya dengan sholat taubat?

    BalasHapus
  4. Kak saya mau menanyakan sesuatu, saya penggemar kpop dan saya seorang muslim. Jika saya sudah terlanjur melakukannya apakah saya bisa mehilangkan dosanya dengan sholat taubat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, yang penting jangan diulangi lagi

      Hapus
    2. Assalamualaikum.. Nah aku kan juga kpopers kak.. Tapi aku tu ngagumi talenta mereka aja kk.. Idola aku tu nabi muhammad saw kk.. Tpi gak salah kan kalo aku cm seneng bakat mrka.. Soal fashion.. Aku pkk hijab kok kak .jd aku ga ikutin fashion mrka.. Mksh kak

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Tapi selain suka kpop. Aku juga suka lagu sabyan kak. Gmn dong?

      Hapus
    5. Mengkokeksi photo lagu kereo itu tidak boleh apalagi melihat diasambil teriak maka itu adalah pengikut dajjak

      Hapus
  5. Kak saya penggemar kpop saya juga suka mencintai tampilan mereka dan bakat mereka tapi semua Yg saya lakukan seimbang sama Yg saya lakukan ke agama saya seperti membaca AL-qur'an dan sholat 5 waktu bahkan sholat sunah bahkan saya lebih mementingkan agama saya dibanding kpop tapi saya tidak bisa meninggalkan dunia kpop apakah saya dosa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya jangan terlalu fanatik ya nanti jatuhnya bisa syirik, lebih baik melakukan hal hal yang bisa mendapatkan pahala seperti memperdalam ilmu agama.

      Hapus
    2. kak kalau hanya nyetak fotonya saja dan mendengarkan lagunya apakah dosa dan ada hukum nya?

      Hapus
    3. Benar tuh kak gimana kalau nyetak fotonya sama dengerin musikya apakah dosa ka?*

      Hapus
    4. nyetak foto buat apa? kalau buat dipajang kalau bisa jangan, karena setiap kita melihat foto idola kalian. kita akan merasa terkagum-kagum dengan ketampanan atau kecantikan idola kita. dan sifat itu harus kita jauhi. yang patut kita kagumi adalah kekuasaan Allah saja

      Hapus
    5. Katanya. Kita tidak boleh memajang foto dirumah. Katanya nanti malaikat tidak mau masuk. Tapi itu masih 'katanya'. Engga tau juga benar atau tidak nya

      Hapus
    6. Kan kak kagum nya kan juga karna itu salah satu ciptaan Allah (cantik/tampan)

      Hapus
    7. Kebanyakan orang murtad karena cinta lho.. Cinta itu juga datang dari rupa

      Hapus
  6. Kak,saya penggemar kpop dan saya hanya mengidolakan sewajarnya mendengarkan musik nya dan mengagumi nya.tetapi saha masih menjalankan perintah allah seperti shalat dan juga mengaji al quran dan saya tidak pernah mengikuti apa yg idola saya kerjakan,itu hukumnya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak saya adalah seorang yang menyukai kpop namun tak sampai fanatik atau semacamnya. Saya suka mendengarkan lagu korea karena itu akan membuat saya bersemangat, namun saya tidak pernah meninggalkan rutinitas ibadah wajib dan sunnah saya. Kak saya masih pelajar smp, saya. Masih labil tidak tahu jalan mana yang harus saya pilih. Apakah mengidolakan kpop itu salah walaupun masih dalam batas wajar dan tidak menganggu rutinitas ibadah yang sering dilakukan sebelum mengenal kpop?

      Hapus
    2. lagu korea yang tidak kamu tahu artinya saja bisa menjadikanmu bersemangat? lalu kenapa al Qur'an tidak?
      coba kurangi mendengarkan lagu korea karena itu tidak ada manfaatnya sama sekali, membuang waktu juga.
      berubah dari sekarang lebih baik. tidak usah terburu-buru karena berubah pun perlu proses.

      Hapus
    3. Assalamualaikum kak..
      Ga hanya lagu kpop doang kak.. lagu² barat juga kak.. artinya kita juga tidak boleh mendengarkan lagu² barat dong.. di korea juga ada yg muslim kak .. seperti ayana jihye moon.. dan masih banyak lagi aktris kore yg jadi mualaf..

      Saya juga kpopers kak.. saya juga suka dengar² lagu korea dan koreo dance nya .. tapi di satu sisi saya juga punya khayalan di suatu saat idola saya bisa memeluk agama islam dan jadi mualaf.. apa itu dosa ya kak??


      Saya minta maaf jika ada salah2 kata :)

      Hapus
  7. Kak saya adalah seorang yang menyukai kpop namun tak sampai fanatik atau semacamnya. Saya suka mendengarkan lagu korea karena itu akan membuat saya bersemangat, namun saya tidak pernah meninggalkan rutinitas ibadah wajib dan sunnah saya. Kak saya masih pelajar smp, saya. Masih labil tidak tahu jalan mana yang harus saya pilih. Apakah mengidolakan kpop itu salah walaupun masih dalam batas wajar dan tidak menganggu rutinitas ibadah yang sering dilakukan sebelum mengenal kpop?

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Kak aku mau nnya? Gmn sih ka cara nya biar aku ga suka lagi sama kpop soalnya udh berbagai cara ngelupainnya susah bgt ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hapus foto, video, lagu, dan semua yang berhubungan dengan Korea. jangan lupa hapus akun yang khusus buat korea-koreaan terus unfoll semua OA korea-korea.
      banyak-banyakin dengar murottal, tilawah, dan pengajian InsyaAllah bisa secara perlahan melupakan kpop.

      Hapus
  11. Ka mau nanya dong,kalo suka ke kpop gara gara saya liat mereka itu kerja keras,pantang menyerah,dan itu membuat saya termotivasi,hanya saja memang membuat saya ketagihan menonton nya,tapi saya merasa tidak menyukai musiknya,saya hanya menyukai video video variety show yg mereka ikuti,saya tidak banyak menyimpan foto mereka,lagu nya pun tdk semua saya suka.Apakah itu salah? Makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku kalau cuman sebatas hiburan gpp. Selama ga terlalu tergila gila

      Hapus
  12. Assalamualaikum.kak mau tanya sebenarnya saya juga ingin berhenti menyukai kpop namun hal itu selalu saja tertunda kak. Misalnya jika idola mengeluarkan album baru lalu penampilannya keren dan memukau tentu saja itu membuat saya kembali tertarik. Dan satu lagi di kelas saya juga kebanyakan kpop dan pastinya selalu membicarakan tentang itu. Saran kakak gimana:)

    BalasHapus
  13. saya suka kpop dh lama jaman smk klas 3 dan sring dengerin lagu ya stay di instagram saya fans tp g fanatik sprti dl .. saya jg g ketinggalan solat 5wktu dan zikir .. apa msh dosa kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dikurangin aja. gak baik kan melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat. sama saja merugi.

      Hapus
  14. Hilwa Aulia Maulidah4 Maret 2018 pukul 09.06

    Terimakasih atas postingannya:) sangat membantu saya mengintropeksi diri

    BalasHapus
  15. Saya seorang muslim tapi suka KPop, dulu saya pernah tanya pada guru agama saya di SMA tentang rasa suka dengan hal2 yang berbau Korea, dan guru saya menjelaskan bahwa hal tersebut tidak dilarang apabila tujuannya hanya sebagai hiburan. Nah saya minta pendapat dari kakak mengenai hal tersebut, apakah sependapat atau berseberangan?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sah-sah saja menyukai sesuatu. yang dipermasalahkan adalah porsi dalam menyukainya. budaya mereka juga bertolak belakang dengan islam, yang ditakutkan jika menyukai kpop. kita umat muslim terdoktrin untuk mengikuti kebiasaan mereka.

      Hapus
    2. Saya suka korea dalam artian suka untuk iseng aja tidak sama sekali fanatik or something. Saya juga lebih banyak baca quran dan solat sunnah dan wajib ketimbang yang berbau2 korea gitu. tapi jika ada luang waktu saya nonton variety show mereka tapi tidak sering sampai meninggalkan solat dll. iman saya kuat saya tau mana batas2annya.
      gmna tu jadinya?

      Hapus
  16. Bisakah kamu mengirim vidio yang temanmu kirim karena sy juga ingin berhenti suka kpop... Please send be email sundarisolo35@gmail.com.... Terima Kasih 😄

    BalasHapus
  17. kak saya memang suka K POP tetapi tidak terlalu suka saya hanya mendenarkan lagu dan saya mencetak fotonya apakah boleh ?

    BalasHapus
  18. apakah haram hukumnya untuk mnyukai KPOP?
    mengapa haram?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya,saya gk tau hukumnya haram atau nggaknya. Tp yg sya tau kalo mengidolakan selain kpd Alloh dan Rosul-Nya itu tdk boleh.... saya pernah liat Video,sebagian besarorang yg sujud menyembah dajal adalah kaum wanita, seperti contohnya sekarang banyak orang yg suka oppa2 korea itu kan wanita. Jd mungkin aja hukumnya haram karena kalo kita terlalu fanatik, bisa2 diakhirat nanti amalan2 kita disamain sama mereka. Kan kita belum tau ya apa kepercayaan mereka, gimana amalan2 mereka. Kalo tu oppa agamanya nonmuslim bisa jd kita juga disamain sama dia...

      Hapus
  19. Kak,saya mau nanya kalo misalkan saya punya teman yang suka sekali k-pop,di suatu hari idol kpop nya bunuh diri,dan teman saya itu berniat untuk melakukan hal yang sama (tapi untuk saat ini sudah tidak) itu hukum nya haram atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas haram, bunuh diri kan haram.
      sebagai temannya kamu bisa menasehatinya dengan baik. nasehati agar dia tidak menjadi fans yang fanatik

      Hapus
  20. Kak saya mau nanya saya suka k-pop,jika saya mempunyai barangnya seperti topi atw baju dan mempunyai lagu k-pop apakah hukumnya haram atau bagaimana?
    Terima kasih

    BalasHapus
  21. Saya sudah 8 th jd kpopers, dan beberapa hari yg lalu saya benar2 tersadar kalau itu salah. Sebenarnya saya sudah lama sadar sejak idola saya mentatto dg lambang2 illuminati tp utk berhenti itu susah sekali karena mereka adalah salah satu motivasi dan inspirasi hidup saya. Dulu saya berpikir "ambil aja positifnya mereka, yg negatifnya dibuang aja" tp beberapa hari yg lalu teman saya menjelaskan ttg konspirasi teori yg berhubungan dg illuminati saya spt ditampar, jd selama ini saya sangat berdosa. Saya sekarang berusaha menghindari kpop, musik, tv tp entah kenapa dipikiran saya masih ada keinginan melihat mereka krn mereka bukan sekedar idola tp salah satu motivasi dan inspirasi saya. mohon bantu jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik diganti dengan kegiatan yang lebih bermanfaat ya. agar fokusmu terhadap kpop itu perlahan pudar dan menghilang. banyakin dzikir, dan baca al-Qur'an insyaallah dimudahkan jalannya.

      Hapus
    2. Aamiin.... terima kasih sarannya. Saya juga udah berusaha selama sembilan bulan ini meninggalkan dunia k-pop, tapi jujur di rentang waktu itu sekali dua kali saya masih berkunjung ke akun ig mereka bahkan nonton video comeback mereka bareng teman-teman. Susah emang kalo langsung pergi seratus persen. Tapi alhamdulillah ada kemajuan, dulunya setiap malam atau setiap ada waktu senggang pasti kubuat dengerin lagu mereka. Alhamdulillah sekarang udah ga begitu.

      Membaca saran yang anda tulis, harapan untuk bisa move on dari K pop semakin kuat. Karena Allah tak akan membiarkan begitu saja mereka yang berusaha berhijrah dijalannya, pasti Allah akan menguji Iman mereka.

      Hapus
    3. Kak saya itu sangat suka kpop tapi nggak berlebihan , walaupun saya menyukai kpop saya setiap hari membaca alquran dan menghafalkannya apakah saya dosa seperti itu kak?...

      Hapus
  22. Assalamua'alaikum kak saya ingin bertanya saya seorang fangirl suka dengan artis korea tapi tidak fanatik. Saya tidak mengikuti mereka yang tidak berhijab dan rambut pirang. Saya menyukai mereka karna bakat mereka dan pesona mereka. Apakah saya juga berdosa jika sperti itu? Solusinya gimana kak?

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum wr.wb
    Saya beberapa bulan yang lalu sebelum saya mulai berubah, saya masih sangaaaatt menyukai kpop. Sekarang saya gak terlalu duka dan terus2an mendengarkan ayat Al-Qur'an maupun Sholawat tapi kadang ketika saya sedang teringat kpop saya suka ngeliat kayak variety show nya karena kelucuan mereka yang bikin saya susah untuk lupa, meskipun saya hampir setiap hari mendengarkan sholawat dll. Mohon masukannya kak?

    BalasHapus
  24. Aduh bermanfaat sekali kak....
    Saya mau tanya kak, kan saya baru SMP. Tau kan anak Smp, sukanya sama oppa-oppa Korea, tp saya udah mau ngelupain kak, udah di hapus video, lagu, sama photo artis korea. Tp kan kalo udah ketalar lagu nya, pasti susah dilupain, kalo lg belajar, mandi, beres2 suka nyanyi lagu korea.. apa itu hukumnya haram kak?

    BalasHapus
  25. Ka kalo sekiranya kita suka sama yang berbau korea,tapi kita hanya mengidolakan saja dan ga lupa sama ibadah kita masing-masing gmna?kita hanya kagum dengan bakatnya saja,tidak ada maksud untuk mentuhankan mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap saja salah karna kamu mengidolakan mereka yg dengan Allah saja mereka tidak tau walaupun kamu ibadah agak percuma kalo kamu masih menyukai hal hal yg berbau kafir jgn menyia nyiakan perbuatan yg sia sia , maaf kalo salah itu menurut pendapat saya

      Hapus
  26. mungkin definisi 'suka' setiap orang berbeda-beda. tapi yang jelas kalau memang suka aja pasti tidak sampai bela-belain beli merchnya, download video nya bergiga-giga, save ribuan foto korea, itu udah ngebuang waktu, ngebuang uang juga.
    tetep istiqomah sama niatmu sekarang, jangan hiraukan komentar negatif siapapun yang bikin kamu bimbang. kalau kamu beneran berniat ingin hijrah InsyaAllah selalu ada jalan dari Allah.

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum wr.wb
    Saya penggemar kpop tapi tidak fanatik saya suka dengan kegigihan dan kerja keras mereka untuk menggapi keinginannya dan itu dapat memotivasi sy.
    Saya sudah mulai jarang/ mengurangi mendengarkan lagu video dan drama karna kesibukan sekolah. Namun sy sangat menggemari dunia kecantikan korea apakah itu salah?
    Jika sekedar mengagumi karena itu ciptaan Allah swt. Apakah itu salah?
    Dan sy menyukai budaya korea dalam arti hal positifnya saja
    Apakah boleh menyukai kpop dalam segi positifnya saja? Tidak sampai mengagung agungkannya?

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum
    Kak sy mau bertanya
    Kalo kita hanya sekedar suka menonton acara variety shownya? Tetapi tidak suka dengan MV dan lagu2 mereka. Niat nonton variety shownya pun hanya untuk menghibur. Itu gimana yah kak? Mohon penjelasan dan bantuannya.
    Syukron jazakumullaahu khairan

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum
    Kak sy mau bertanya
    Kalo kita hanya sekedar suka menonton acara variety shownya? Tetapi tidak suka dengan MV dan lagu2 mereka. Niat nonton variety shownya pun hanya untuk menghibur. Itu gimana yah kak? Mohon penjelasan dan bantuannya.
    Syukron jazakumullaahu khairan

    BalasHapus
  30. kalo lebih banyak baca quran sama beribadah sama Allah gmna tu?
    saya suka tapi dalam artian ya cuma buat iseng aja..

    BalasHapus
  31. Assalamu'alaikum. Mau sharing aja kak.
    Saya sudah hampir 9 tahun jadi Kpopers. Niat awalnya yaa buat hiburan aja. Tapi, waktu baca indikasi-indikasi di atas, jujur beberapa diantaranya bener-bener "kok gue banget gini".

    Dan sebenernya saya baru tahu beberapa waktu dekat ini kalau musik hukumnya haram.

    “Kelak akan ada dari umatku beberapa kaum yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras dan musik.” (HR. Bukhari dan Abu Daud)

    Read more https://aslibumiayu.net/1396-hukum-musik-dan-lagu.html

    Jadi mikir: saya bertahun-tahun hidup di bumi ngapain aja? Waktu yang sebenarnya bisa digunakan untuk belajar lebih tentang Islam, malah dipakai buat fangirlingan. Katanya pengen masuk Surga?!

    Seketika saya merindukan masa kecil saya, dimana saya lebih pengen ke Mekkah dari pada ke Korea Selatan; dimana uang jajan lebih sering ditabung dan diinfakan daripada untuk beli majalah atau merch2 Kpop atau bahkan kuota internet untuk streamingan; dimana saya selalu membayangkan enaknya hidup di Surga (dulu saya mikir sebatas 'di Surga bisa makan KFC setiap hari' karena ibu bilang apa aja yang kita minta di surga nanti, pasti Allah bakal kabulkan hehe)daripada membayangkan enaknya hidup di Korea Selatan karena bisa ketemu idols, nonton konser dll.

    And then I realized that I'm going too far in this idolizing thing. Saya sudah terlalu jauh masuk ke dunia Korea2an. Meskipun sebagai seorang muslim saya tentu tetap menjalankan kewajiban ibadah saya dan beberapa sunnahnya. Tapi tetap saya merasa gagal menjadi seorang muslimah yang merindukan Jannah. :(

    Di moment bulan Ramadhan ini saya bertekad untuk pelan-pelan meninggalkan hal-hal yang berbau Korea. Seperti rata2 komentar temen-temen di atas, sulit sebenarnya untuk 100% sekaligus meninggalkan sesuatu yang udah melekat setiap harinya selama bertahun-tahun dalam kehidupan kita. Tapi umur manusia kan engga ada yang tahu, takutnya kita telat untuk berubah. Jadi Insya Allah, demi kebaikan, kita bisa pelan-pelan berjuang! ^^9

    BalasHapus
  32. Assalamualikum, kak saya mau nanya, saya juga kan kpopers, tpi sama masih di batas wajar gk lebih2 sampai ngikutin gaya pakaian nya,saya cuma suka aja.saya juga gk ninggalin ibadah krna mereka.waktu nya sholat ya saya sholat. Saya biasa saja tpi saya suka.itu gimana ya kak? Boleh gk sih saya masih menyukai nya lagi?

    BalasHapus
  33. Assalamualikum, kak saya mau nanya, saya juga kan kpopers, tpi sama masih di batas wajar gk lebih2 sampai ngikutin gaya pakaian nya,saya cuma suka aja.saya juga gk ninggalin ibadah krna mereka.waktu nya sholat ya saya sholat. Saya biasa saja tpi saya suka.itu gimana ya kak? Boleh gk sih saya masih menyukai nya lagi?

    BalasHapus
  34. ka saya mau nanya kalo kita hijrah semua barang tentang kpop atau album yg udah kebeli itu sebaiknya kita apain ya ka?

    BalasHapus
  35. Kak saya kan suka sma BTS tapi gk begitu fanatik cuman suka lagunya..jadi sya hanya mengagumi karyanya...tapi saya tidak lupa sma kewajiban saya sebagai muslim..gimana yah tanggapan kakak..

    BalasHapus
  36. Kak boleh minta contact nya karna saya ingin berdiskusi masalah ini tapi saya terlalu malu untuk menceritakan di sini terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  37. Kak saya penyuka kpop sejak 2016 jujur saya fanatik bahkan sampai sekarang masih fanatik, beli bajunya, lighstick, foto, pin, dan poster.. nah saya baru tau kalo itu gak bagus dan malah buat dosa saya mau mencoba hijrah dan mencoba meninggalkan kpop tapi susah.. terus saya juga mikir kalo saya berhenti jadi kpopers barang" kpop saya mau dikemanain, kalo dibuang kan sama aja buang" uang, kalo dikasih keteman sesama kpopers malah bikin temen saya tambah dosa, kalo dikasih temen non muslim kita gak satu fandom, selain itu saya jga ngikutin gaya kpopers tapi ala hijabnya, dan saya sempat berpikir no kpop no life. Sekrang saya baru lulus smp dan rencana pengen ngubah diri jadi lebih baik di sma. Saya udah mantep pengen hijrah salah satunya dengan ninggalin kpop, cuma susah banget buat ninggalin kpop.. minta sarannya ya kak..

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum kak mau tanya apakah yang salah itu hanya penggemar kpop bagai mana dengan oenggerman anime india, jpop, tailand, dan barat lainnya?

    BalasHapus
  39. Kak saya mau tanya kalau cuma sekedar suka apa dilarang,jujur baru-baru ini saya suka korea.Saya kagum dengan cara mereka berkreasi.Dari 50 indikasi yang disebutkan,saya hanya mengalami 2 indikasi.Dan baru-baru ini saya suka menonton sesuatu yang berkaitan dengan k-pop atau korea.Saya juga tidak fanatik,tidak begitu mengagumi mereka.Karena saat pikiran saya saat ingin mengagumi mereka,juga terpikir didalam hati saya untuk mengagumi rasulullah.Saya berusaha untuk membentengi diri saya dari hal2 yg buruk.Saat sudah seperti ini apakah masih dilarang?

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum kak...
    Astagfirullah dari 50 indikasi yang kakak tuliskan saya melakukannya beberapa :(, saya kpopers yang suka menjadikan bias saya sebagai wallpaper suka mendengar lagunya mengagumi bakatnya dan kekeluargaan didalam pertemanan mereka, tapi terkadang saat melakukan hal tersebut itu saya jua berpikir apakah ini dosa? Apakah ini boleh untuk saya seorang muslim?.
    Saya tak pernah bertanya kepada siapapun, bahkan ada teman saya yang menasehati saya untuk tidak lagi mengidolakan korea saya malah marah :(
    saya hanya yakin kepada pendapat saya bahwa yang saya lakukan tersebut boleh" saja asal tidak mengikuti gaya hidup mereka dan tidak melupakan allah. Lalu bagaimana saya yang sudah terlajur suka kepada lagu" korea ini kak? Apa yang harus saya lakukan? Tapi bukan hanya lagu" korea yang saya sukai, saya juga suka lagu" barat seperti charlie puth dan one direction, apakah boleh jika minat mendengarkan?
    Terimakasih..

    BalasHapus
  41. Saya suka suka fangirl yg KPOP. Tpi alhamdulillah sampai skrg saya juga masih sangat senang dengar2 sholawat, dan lantunan Ayat suci Alquran.saya masih menjaga sholat 5 waktu dan membaca alquran. Bagi saya menyukai kpop hanya sebatas hiburan, saya memiliki banyak foto artis korea EXO,musik2, video konser dan drama korea. tapi saya tidak pernah mengorbankan biaya berlebihan yg merugikan untuk beli album dan tiket konser. Apakah itu tetap salah? Bukankah sebagai manusia kita juga butuh hiburan? :)

    BalasHapus
  42. Assalamu'alaikum

    Kak aku kan seorang k-pop
    Nah aku suka sama satu boyband karna dia bawa inspirasi buat aul
    Kaya leadernya, dia giat belajar agar appun yang kita mau menjadi mudah, saya sendiri jd giat belajar karna ingin menjadi orang yang sukses agar bisa naikin haji orang tua...
    Aku kan baca baca artikel kalo lagu yang berkaitan dengan cinta itu hatam karna melegalkan cinta (dua pasangan) nah sedangkan lagu indo 90% cinta semua dan sinetronnya cinta semua, makannya aku ga suka

    Tapi aku suka k-pop atau idola aku karna aku ambil hal yang positifnya saja, aku ga muja sampe mau pindah agama...

    Trs, kalo keburukan itu bisa membuat aku lebih baik?

    Gimana solusinya kak :( tolong jawab

    BalasHapus
  43. Assalamu'alaikum

    Kak aku kan seorang k-pop
    Nah aku suka sama satu boyband karna dia bawa inspirasi buat aul
    Kaya leadernya, dia giat belajar agar appun yang kita mau menjadi mudah, saya sendiri jd giat belajar karna ingin menjadi orang yang sukses agar bisa naikin haji orang tua...
    Aku kan baca baca artikel kalo lagu yang berkaitan dengan cinta itu hatam karna melegalkan cinta (dua pasangan) nah sedangkan lagu indo 90% cinta semua dan sinetronnya cinta semua, makannya aku ga suka

    Tapi aku suka k-pop atau idola aku karna aku ambil hal yang positifnya saja, aku ga muja sampe mau pindah agama...

    Trs, kalo keburukan itu bisa membuat aku lebih baik?

    Gimana solusinya kak :( tolong jawab

    BalasHapus
  44. Kak, apa bedanya kpopers dengan penyuka sepak bola?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dibilang hobi, kita semua pasti punya hobi. tapi kenapa semua ucapan pedas hanya tertuju pada kpopers? bukannya itu gaadil?. islam tidak mengajarkan untuk terlalu terobsesi dengan sesuatu bukan? lalu bagaimana dengan hobi2 yg lainnya?

      saya minta pendapat kakak, menurut saya kpopers tidak sendirian bersalah walaupun dia salah satunya dari semua hobi.

      terus bagaimana pendapat kakak tentang meninggalnya artis korea waktu itu, dan sebelumnya tak lama pemain bola juga meninggal. tapi yang banyak dilecehkan adalah kpopers. jika saya berbicara secara kemanusiaan bukan keagamaan, bukankah kita turut sedih?

      setelah insiden itu, banyak yang tidak menyukai kpop dan malah menyangkut pautkan masalah itu dengan kematian di palestina. saya tidak masalah dengan itu, sama sekali tidak masalah, karena saya sendiri dulu mengikuti perkembangan di palestina, syria dan lainnya. tapi menurut kakak, kalau mereka berkata demikian untuk menindas, itu terlalu keterlaluan kan? maksud ku, mereka sudah berbuat apa untuk palestina sehingga bisa mengatakan itu?.

      kalau waktu itu kakak lihat orang2 yang berkomentar seperti itu, adalah anak - anak yang jauh dri kata aturan. yang hanya bisa berkomentar di dunia maya, padahal kehidupannya sama hancurnya.

      Hapus
  45. Assalamu'alaikum

    Kak aku seorang kpopers
    Gmn menurut islam jika seorang muslim menjadi artis kpop?

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum ka.
    Jadi saya ingin tanya, saya sebelumnya tidak tertarik ttg korea, namun saudara saya memperlihatkan variety show korea, seenjak itu saya kadang iseng nonton variety show itu sebagai hiburan karena seru dan mirip seperti mission x, namun saya tidak terlalu tertarik untuk mendengarkan lagu-lagu korea. apakah kalau menonton variety shownya saja ttp tidak boleh? syukron.

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum kak
    Saya ingin tanya nih kak.saya kan kpopers.saya suka artis korea itu karena mereka berbakat.bertalenta.pantang menyerah.selalu berkerja keras.dan saya selalu mengambil sisi positifnya saja dari artis korea tersebut
    Apakah saya salah?
    Makasih kak.tolong dijawab kak

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum kak
    Saya ingin tanya nih kak.saya kan kpopers.saya suka artis korea itu karena mereka berbakat.bertalenta.pantang menyerah.selalu berkerja keras.dan saya selalu mengambil sisi positifnya saja dari artis korea tersebut
    Apakah saya salah?
    Makasih kak.tolong dijawab kak

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum kak.. Saya seorang kpopers akut kak, saya selalu ngomongin korea setiap hari kamar dipenuhi korea juga kak nah cara menghilangkan kebiasaan ini gmn ya kak? Saya takut saya gabisa berhenti kak.. Minta tolong ya kak saya takut kalo ternyata saya itu sudah syirik saya bener bener menyesal suka korea kak.. tolong bantu ya kak terimakasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  50. Kalo suka korea gaboleh
    Artis Hollywood juga gaboleh dong kak?
    Kan mirip2 gitu kak

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum kak, saya bukannya bermaksud mengomentari tanda2 di atas, tp kayanya kalo yg 'belajar bahasa korea" sama "pakai kosmetik biar kulit kinclong" sih tergantung orgnya, temen aku kan bisa bahasa korea karna pertamanya emg pengen biar tau artinya klo artis itu lg ngomong, tp akhirnya dia jadi bisa ikut pertukaran pelajar dgn korea dan lulus test bahasanya bagus, dan juga dulu (mohon maaf) kurang ngerawat dirinya kayak jerawatan gitu tp skrg udah terawat udah sehat kulitnya. jd klo skrg dia jadiin hal tadi(kayak belajar bahasa korea sm ngerawat diri) itu udh bagian dalam kebiasaan dia yg menurut dia emang bermanfaat buat dianya sendiri, bukan karna demi mirip atau kayak sang idola

    BalasHapus
  52. Kak, kalo punya banyak koleksi boneka doraemon gimana kak? Apa ini termasuk dalam anime?

    BalasHapus
  53. wah sangat bagus sekali infonya...
    jangan lupa kunjungan baliknya yaa gan.


    https://www.carasehat.top

    BalasHapus
  54. Assalamu'alaikum
    Ka saya mau nanya,saya seorang k-popers, saya suka lagu2 mereka, tp itu krn saya suka dance, seperti yg semua org tau klo dance kan identik dengan korea(walaupun tidak semua), jadi saya harus gmn kak?saya suka dance tp saya ngga mau jauh dari Allah, mohon sarannya ya kak, terimakasih.

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Assalamualaikum wr.wb

    Kak saya mau tanya.saya adalah orang penyuka kpop karena idola saya pekerja keras dan saya sering melihat dan mendengarkan musik/album albumnya karena dengan mendengarkan musik tersebut saya menjadi lebih semangat.namun saya terkadang menangis jika grup idola saya akan bubar.tetapi saya selalu rajin shalat dan mengaji.
    Pertanyaan saya adalah apakah baik jika saya masih menyukai kpop dan mengidolakannya?

    Tolong jawab ya kak!!
    Terimakasih


    Wa'alaikum sallam wr.wb

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum wr.wb

    Kak saya mau tanya.saya adalah orang penyuka kpop karena idola saya pekerja keras dan saya sering melihat dan mendengarkan musik/album albumnya karena dengan mendengarkan musik tersebut saya menjadi lebih semangat.namun saya terkadang menangis jika grup idola saya akan bubar.tetapi saya selalu rajin shalat dan mengaji.
    Pertanyaan saya adalah apakah baik jika saya masih menyukai kpop dan mengidolakannya?

    Tolong jawab ya kak!!
    Terimakasih


    Wa'alaikum sallam wr.wb

    BalasHapus
  58. Kak mau tanya,saya suka lagu korea dan saya seorang muslim. Temen saya selalu bilang kalo saya kafir. Pertanyaan0nya : orang yang gapernah solat itu bisa dibilang kafir juga kah? Karna setau saya temen saya itu jarang sekali solat. Bahkan solat jumatpun dia malas

    BalasHapus
  59. Assalamualaikum kak, aku mau nanya nih. Aku kan suka kpop tuh ya, sampai rasa nya gak liat kpok sehari itu bosan banget. Aku pengen berhenti menyukai kpop, tapi aku tkut kalo kegiatan sehari² ku bakal lebih bosan banget, aku harus ngapain nih kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku tau.. melupakan kpop itu susah, tapi mulailah membiasakan dengan dicampur dengan bacaan sholawat atau lantunan ayat al-quran
      misalnya habis kpop 2/3 lagu lalu sholawat1/2 lagu
      [untuk pemula]

      Hapus
  60. Apa hukum ny bila istri saya mengidolakan artis bintang korea. Dan apa yg harus saya lakuka

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum,, saya seorang kpopers tp saya mondok. Saya juga gk pernah pgang hp kcuali klo liburan di rumah. Tp klo di pndok saya suka membicarakan tntang artis" korea gitu. Saya bahkan smpat ngeprint ftonya untuk di tempelkan di buku diary. Nmun, itu smua mmbuat sya smngat mnghafal dn belajar. Menurut kakk aku baiknya melupakan atau tdak?

    BalasHapus
  62. assalamualaikum..
    saya seoang kpop ers, saya juga terbiasa mendengarkan lagu lagu mereka, sampai saya hafal lagu mereka,saya meneruskan nya karena itu membuat saya lebih memiliki energi dan semangat, tak bisa di pungkiri, kalau biasanya saya dance satu lagu sebelum belajar, tapi saya melakukan itu karena itu membuat saya lebih semangat untuk belajar, dan insyaallah saya tidak akan lepas hijab,disamping itu ibu saya memperbolehkan saya suka sama kpop itu, tapi harus di jadwal.
    siang sepulang sekolah saya boleh main dan dance sampe sore *jam setengah 3 an* lallu sore nya ngaji sebelu ngaji ada waktu 30 mnt ibu saya menyuruh saya mendengarkan lantunan ayat al-quran, lalu selesai ngaji sebelum les ada waktu kira kira 25 mnt saya mendengarkan ayat al-quran lagi
    dan sebelum tidur saya dance satu lagu lalu mendengarkan ayat al-quran 30 mnt
    apa yang seperti itu boleh kak?

    BalasHapus
  63. Assalamualaikum
    Sya seorang kpopers ya aya banyak melakukan contoh prilaku d atas,sya menyukai idola sya entah karena apa entah karena ketampanannya atau talenta bermusiknya atau aksinya d panggung sya tdk tau yg jelas sya menyukai idola sya bkn karena agamanya. Sya bahkan pernah mengobrol sesama fans jika sya menyayangkn kami(saya dan idola) tdk seagama. Bahkan dlm do'a sya, sya sering meminta kpd Allah swt. Agar mereka (idola) d beri hidayah supaya masuk Islam. Sya jga sering membayang kn jka sya dan idola aya menikah dan mendalami ilmu agama ( Islam ) bersama. Yaa sya akan menghilangkn k3biasaan itu. Nah sya mau tanya apakah ada yg salah dri prilaku sya tsb?


    *sya sangat menanti jawaban anda sekalian

    Terima kasih
    Wasalammualaikum

    BalasHapus
  64. dan sya hanya memberi saran agar pihak yg menulis artikel ini membuar grup WhatsApp agar sharing lebih mudah ^∆^

    BalasHapus
  65. Halo, saya KPoper juga dari negri asalnya, saya ingin bilang bahwa sebenarnya saya agak keberatan dengan postingan ini, lebihbaiklnya kalo diperjelas lagi yah. Tujuan dari posting anda ini agar kita tau apa tujuannya.

    Jadi apa tujuan dari postingan ini?

    Saya tunggu yah jawabannya!^^

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum...

    Saya ingin share ilmu yang saya dapat dari guru agama. Dulu, saya pernah bertanya pada beliau. Apakah mengidolakan Idol K Pop itu hukumnya haram?
    Masih saya ingat, beliau menjawab iya, hukum haramnya umat muslim mengidolakan mereka. Karena kita hanya akan lebih banyak mendapat mudharat dibandingkan faedahnya.
    Saya yakin kalian pasti bisa merasaknnya walau cuma setitik.

    Saya mohon maaf apabila tulisan ini menyinggung hati yang memebaca ini.

    Wasalamualaikum

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum mbak saya seorang muslimah,saya sering mengahabiskan waktu saya dengan membaca al-qur'an pagi,siang,sore,maupun malam,tapi jika saya sedang beristirahat saya sangat gemar sekali mendengarkan lagu lagu kpop,tapi saya tidak begitu lama mendengarkannya,saya juga tidak mengkhayal bias saya menjadi pacar/suami saya,saya juga tidak suka dengan berpacaran karena itu saya tau di ajaran islam memang haram,dan saya tidak mengikuti style pakaian mereka karena saya tau pakaian mereka membuka aurat,tapi kalau soal dance dan musiknya sih masih suka saya nyanyikan dan dancenya masih suka saya lakukan,jadi jika saya kpopers seperti itu apa boleh mbak?

    BalasHapus
  68. Kak saya Mau nanya, Saya Suka Kpop Cuman sekedar suka suka aja, Itu juga kalau Mau dengerin Lagu Kpop harus tau artinya dulu takutnya ada yang ngelanggar Islam. Saya juga gak ngikutin Idola mereka, paling kalau mereka Comeback gak cuman Nonton MV nya doang gak sampe beli Album atau Nyetak Foto,Itu Gimana kak?

    BalasHapus
  69. Kak saya mau bertanya..
    Memang saya menyukai kpop tapi saya hanya menyukai tidak mengidolakan mereka karena saya hanya mengidolakan Nabi Muhammad saw ..saya seorang muslimah beragama islam ..tidak terlalu fanatik terhadap kpop saya hanya sekedar hiburan saya kagum kepada Allah dengan ciptaannya..
    Saya tidak lupa dengan apa yang Allah perintahkan seperti sholat 5 waktu,mengaji,menbaca Al-Qur'an,menutup aurat ..
    Memang saya mempunyai banyak video mereka dengan lagu lagu mereka tapi saya mendengarkan apa yang mereka ciptakan hanya sekedar jiga saya sedang bosan..
    Apakah saya masih salah kak jiga menyukai mereka tapi jika saya ingin melepaskan semua itu rasanya sulit untuk melupakannya..


    Mohon jawabannya..

    BalasHapus
  70. Assalamualaikum kak, mau tanya kalau mendengarkan musiknya seperti nasyid dan shalawat gtu memang dibolehkan kan ka? Mohon jawabannya

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum kak
    Kak aku juga kpopers.
    Bahkan aku suka nari nari kpop,nyayi kpop, liat foto fotonya. Aku tahu itu salah , aku udah lumayan gak ngelkuin hal hal itu lagi. Tapi kak soal lagu kpop, aku sering bahkan setiap hari dengerin lagu kpop. Tapi isinya tentang semangat dan mencintai diri sendiri apakah itu dilarang? Aku cuma punya 3 lagu kpop kok kak gak lebih. Gimana kak cara ngelupainnya?

    BalasHapus
  72. Assalamualaikum kak
    Kak aku juga kpopers.
    Bahkan aku suka nari nari kpop,nyayi kpop, liat foto fotonya. Aku tahu itu salah , aku udah lumayan gak ngelkuin hal hal itu lagi. Tapi kak soal lagu kpop, aku sering bahkan setiap hari dengerin lagu kpop. Tapi isinya tentang semangat dan mencintai diri sendiri apakah itu dilarang? Aku cuma punya 3 lagu kpop kok kak gak lebih. Gimana kak cara ngelupainnya?

    BalasHapus
  73. Saya juga seorang kpop..jadi gini kak...kalo islam melarang maka aku akan menjahuinya...tapi masalahnya nanti kalo aku ngelakuin apa yang di perintahkan oleh allah dan akan menaati larangan Allah..maka aku nanti di kira Sok Alim..pasti nanti temen aku ngatain gitu😔

    BalasHapus
  74. Kak aku mau nanya klo sekedar suka aja apa boleh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut aku suka aja nggak apa apa.Why not?.
      Tapi balik lagi ke diri sendori gimana cara kamu mengidolakannya apa dengan teriak teriak gk jelas,atau sampe memuji mujinya berlebihan

      Hapus
    2. Menurut aku suka aja nggak apa apa.Why not?.
      Tapi balik lagi ke diri sendori gimana cara kamu mengidolakannya apa dengan teriak teriak gk jelas,atau sampe memuji mujinya berlebihan

      Hapus
  75. Kak,tp kata temen aku katanya boleh mengidolakan tp ga boleh fanatik
    Itu temen aku kata ustadz maulana kak,,
    Mohon pencerahannya kak

    BalasHapus
  76. Kak,tp kata temen aku katanya boleh mengidolakan tp ga boleh fanatik
    Itu temen aku kata ustadz maulana kak,,
    Mohon pencerahannya kak

    BalasHapus
  77. Kak aku mau nanya kenapa sih semuanya pada langsung menyangkut ke korea knp yg suka anime yg berasal dri jepang ga sangkut pautin juga kenapa yang suka india ga di sangkut pautin juga ?Tolong dong kasih saya penjelasan mksi^^

    BalasHapus
  78. Kak banyak yang bilang kalo suka kpop itu kita di sebut kafir,apakah menyukai artis Bollywood, western dan sejenisnya (non-muslim) tidak? Karna sejauh ini saya cuma dengernya cuma tentang kpop doang yang lain tidak.

    BalasHapus
  79. Apakah hanya industri kpop saja yang disebut kafir?. Lalu bagaimana penyuka bollywood,artis barat dllnya?. maaf kak. Aku kpopers tapi aku ngerasa gaadil banget sama penyuka selain industri kpop. Bukannya bollywood dll itu kafir juga? Ini g adil banget kak. Toling dong kasih masukannya

    BalasHapus
  80. Kak, kalo kita menyukai mereka. Tapi tidak meninggalkan kewajiban kita sebai seorang muslim, apakah salah???

    BalasHapus
  81. Assalamu'alaikum wr wb
    saya mau nanya kak. misalnya kita hanya sekedar suka aja tanpa musiknya tapi karena kegigihan mereka dan kebaikan yang mereka contoh kan kepada kita apakah itu termasuk dosa juga? dan jika ada wanita yg dia skrg berbisnin tetapi bisnis k-stuff gitu pokoknya hal2 yg berbau korea. dia juga sering ikut nntn konser sering beli album dn hal2 lainnya yg harganya g bs ditoleransi ama dompet apakah ia termasuk dosa apa bagaimana?

    BalasHapus
  82. Bagaimana carannya untuk melupakan kpop kalau tiap hari denger lagu kpop

    BalasHapus
  83. Gini kak... Sebenernya aku gak suka di sebut kpopers karena cuman suka satu...alasan aku suka karena lagu mereka tak bermakana pacaran.. Lagu2 mereka bermakna tentang semangat mecapai mimpi...malahan semenjak saya suka saya jadi tak tertarik yg nmanya pacaran.. Itu gimana kak?

    BalasHapus
  84. Kak aku seorang kpopers biasa. Aku dengerin lagu" mereka dan ngikutin perkembangan berita mereka. Tidak lebih dari itu. Aku tetep menjalani kewajibanku sbg orang islam. Apa yg aku lakuin itu dilarang agama islam?
    Lalu apa bedanya dg mereka yg mengaku islam tapi tdk menjalani ibadah?

    BalasHapus
  85. Kak,saya itu suka sama K-Pop. Saya tau K-Pop dari Teman saya. Sejak itu saya suka K-Pop. Saya punya Buku,Handbanner dan Polaroid (Dikasih hadiah Ultah) Apakah saya salah jika hanya memiliki itu? Tetapi,saya tidak memajang nya di Kamar,hanya saya simpan di Meja Belajar. Saya juga senang mendengar Lagu K-Pop. Setiap Belajar saya mendengarkan Lagu K-Pop,karena Lagu bisa membuat saya fokus. Saya hanya bingung,jika saya keluar dari Dunia per-KPop an,nanti nya saya tidak akan belajar dengan fokus. Mereka juga yang membuat saya semangat dan percaya pada diri sendiri,karena itu saya suka,apalagi mereka menyebarkan Sifat yang Positif. Seperti,disaat Bulan Ramadhan,mereka menghormati kami para K-Popers yang beragama Muslim dengan menggunakan Baju Koko dan mengucapkan "Assalamualaikum" mereka juga beberapa kali bilang,jika mereka sangat menyukai Wanita yang berjilbab. Apa saya salah menyukai mereka? Tolong dijawab,ya,Kak

    BalasHapus
  86. Assalamualaikum kak.

    Saya muslim dan saya menyukai kpop, tapi saya tak sampai menyebut diri saya "kpopers". Dari indikasi di atas hanya ada beberapa yang benar-benar saya alami (saya tidak hitung).

    Saya memang menyukai, tapi itu pun dicampur dengan western, thailand, anime, indo, dsb. Jadi saya tidak hanya menyukai korea2an.

    Hal yang membuat saya menyukai mereka adalah lagu-lagu dan dance-nya. Itu pun tidak membuat saya lantas ingin membeli merch, lightstick, dsb. Karena sebenarnya saya juga orang yang perhitungan, hehe. Saya mungkin hanya mengorbankan sedikit kuota saya untuk menonton mereka, mengapresiasi karya mereka.

    Kalau untuk masalah paras, justru hal itu malah membuat saya mengagumi Allah karena telah menciptakan paras seperti itu (dan berangan-angan; manusia biasa aja udah secakep ini apalagi Nabi Yusuf yang digambarkan paling ganteng sejagad raya?). Saya juga tidak histeris, hanya sekedar mengakui bahwa mereka punya wajah yang enak dipandang. Tapi tidak membuat saya serta merta menginginkan mereka sebagai suami/pacar saya dari lubuk hati terdalam saya.

    Kalau untuk kewajiban kita sebagai muslim. Saya selalu menerapkan manajemen waktu. Di tengah waktu saya yang menyukai banyak hal itu, saya tetap shalat lima waktu, dzikir, mengaji, bershalawat, dan menambah hafalan quran. Bahkan saya mengikuti rohis karena tidak ingin ilmu saya tidak bertambah (walau akhir2 ini tidak sempat hadir di majelis ilmu karena ada masalah kesehatan, saya tetap rutin mencari tau tentang islam melalui media massa). Bahkan saya selalu menetapkan satu riset islam dengan topik berbeda selama tiga bulan sekali dan hasilnya sering saya bagikan kepada orang-orang terdekat saya. Belum tugas dan sebagainya yang membuat saya merasa justru kehidupan saya tersita oleh tugas (makanya saya menetapkan diri, hanya boleh mengerjakan tugas dari senin sampai jumat, sabtu dan minggu untuk hal lain kecuali ada kerja kelompok). Saya tidak perlu kan membeberkan semua ibadah saya? Karena sejujurnya saya lebih suka melakukan apapun untuk Allah "sendirian", supaya lebih khusyu'.

    Karena saya selalu berpendapat "boleh suka asalkan jangan berlebihan dan mendewakan" juga "Kpop atau apapun bukan penghalang untuk menjadi lebih baik".

    Setiap hal pasti punya baik dan buruknya. Dan saya selalu mencoba untuk mengambil hal yang baiknya, sementara negatifnya saya jadikan pelajaran.









    Pertanyaan saya, kenapa setiap orang hanya berfokus kepada kpop? Sibuk memberi label "haram" dsb. Padahal kalau membicarakan masalah hobi dan musik, bukan hanya kpop kan? Karena seperti yang saya bilang, saya juga menyukai western, thailand, anime, dan indo. Saya tau ini pertanyaan egois, tapi saya hanya heran dengan kebanyakan orang yang memojokkan dunia kpop. Mohon dijawab semuanya, untuk evaluasi diri saya dan mungkin sebagian orang :)

    Wassalamualaikum...

    BalasHapus
  87. Assalamualaikum wrwb

    Saya muslimah bahkan saya juga hafal al quran (bukan riya) 5 wktu iya tahajud iya. Tapi saya suka nonton varity show sprti weekly idol running man dll suka sama salah seorang dri boyband juga iya suka saya sewajarnya sprti org kagum sama temannya yg pinter atau gimanalh sy suka varity krn lucu sama halnya org nntn sinetron atau apalh di tv. Saya suka salah seorang anggota boyband ga fanatik amat ga kepo2in amat cuman layaknya suka krn dia berbakat bgt dan gans juga sih.. .Kayak gitu boleh ga?

    BalasHapus
  88. Assalamualaikum, buat penulis saya mau bertanya saya laki2 usia 22 tahun punya pacar yg sebentar lagi mau saya nikahi usianya 20 tahun, dia suka kpop, nah setiap beli couplean saya harus serba korea mulai dari sepatu celana baju jaket, sedangkan saya cenderung ke musik rock metal, stelan saya pasti metal, dan biasa saya gunakan stelan skate, nah gmna caranya agar pacar saya gk jadi kpopers yg fanatik, cmn gara2 saya gk mau pake stelan pink dia marah besar, dan saya juga gk suka baju korea yg belahan dada pria kelihatan, makasih sebelumnya, wassalamualaikum

    BalasHapus
  89. Assalamualaikum, buat penulis saya mau bertanya saya laki2 usia 22 tahun punya pacar yg sebentar lagi mau saya nikahi usianya 20 tahun, dia suka kpop, nah setiap beli couplean saya harus serba korea mulai dari sepatu celana baju jaket, sedangkan saya cenderung ke musik rock metal, stelan saya pasti metal, dan biasa saya gunakan stelan skate, nah gmna caranya agar pacar saya gk jadi kpopers yg fanatik, cmn gara2 saya gk mau pake stelan pink dia marah besar, dan saya juga gk suka baju korea yg belahan dada pria kelihatan, makasih sebelumnya, wassalamualaikum

    BalasHapus
  90. aku tdk tahu apakah aku orng yang paling berdosa didunia ini.karena aku termasuk orng yang fans bangat sma' kpop.aku smpai menghafal semua lagu idolku.aku tdk bisa menghitung seberapa bnyaknya dosa yg aku lakukan.hp dan notebook yang aku miliki penuh dengan foto,vidio,lgu idol ku.aku smpai manghafal ttl idolku,dan merayakannya dan dimasukin kedlm medsos ku.medsos ku *instagram* penuh dengan foto yng ku update,skrang aku sdh tahu.aku ingin benar' melupakan kpop,dan ingin menambah kebaikan yng byk
    *(aku binggung bangat)*

    BalasHapus
  91. Ka saya juga pecinta kpop..saya memajang foto mereka,membuat grup kpop,di galeri ku penuh dengan poto kpop dan vidio kpop..tetapi walaupun saya mencintai kpop tapi saya tidak pernah meninggal kan 5 waktu shalat nya..apakah saya juga masih tetap salah

    BalasHapus
  92. Assalamualaikum kak
    Saya mau nanya saya suka KPop tapi ga fanatik sih ga pernah barang2 yg berhubungan dengan mereka saya juga gaga pern bela2in beli tiket buat nonton konsernya tapi saya suka saya punya lagu dan fotonya sedikit di hp saya
    Kira2 itu gimana ya kak apa harus bener2 ga boleh
    Untuk fisik sih ga terlalu gmana2
    Cuma saya suka kebersamaan sama kekeluargaannya saja dan jg rahmahnya mereka pada fansnya

    Saya juga berdoa suatu saat mereka jadi seorang mualaf
    Kira2 gimana ya kak apa boleh saya berdoa seperti itu???

    Terimakasih kak
    Wassalamungalaikum

    BalasHapus
  93. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Saya disini ingin bertanya, tolong dijawab yaa

    Jadi, saya sekarang adlah seorang kpopers. Setelah melihat teman saya keluar dari kpopers, saya merasa agak gimana gitu ya. Terus teman saya itu sering ngirim2 ceramahnya fuadhbakh di ig. Awalnya saya gak suka, karena saya mikirnya, " ah sok tau" "kenapa harus kpop?". Tapi lama kelamaan saya jadi sedikit terpengaruh. Nah pertanyaan saya, apakah kalau kita mau berhenti, kita harus ngebuang semua barang2 kpop kita? Soalnya saya punya album 1, paper standee, sama poster2. Nah, album kan mahal tuu, trus apakah kita juga harus ngebuang? Tapi syaa merasa agak mubazir gitu.

    Jadi gimana ini solusinyaaa?? Tolong dijawabb

    BalasHapus
  94. Sebaiknya tinggalkan keisenganmu ,cari hal lain yg lebih bermanfaat misalnya mendengarkan lantunan al quran

    BalasHapus
  95. Assalamualaikum wr.wb

    Kak saya itu memang suka kpop sejak 2 tahun yang lalu saya suka krn talenta dan bakat . bagaimana kalau saya suka kpop tapi saya hanya mengambil hal hal yg baik saja untuk ditiru maksutnya untuk memotivasi.apa itu salah??

    BalasHapus
  96. Assalamu'alaikum, ka aku kan cuman suka kpop gk sampe ngelakuin segala cara buat datang ke konser kek aku jg gk ngoleksi, trs yaa gk sampe foto profil fb WA sama artis Korea aku jg Alhamdulillah gk sampe lupa ibadah gara2 nonton drakor, apa tetep dosa ka klo cuman nonton ajh??

    BalasHapus
  97. Kk Aku Mau Nannya nih...
    Klau aku pribadi Suka dngr suara idol korea dan sbgian kcil kagum dngan Ush karir nya mksudnya Prjuangan nya tpi Shlat Tadarrusan sdh sya luangkan wktu jdi apkh itu boleh?

    BalasHapus
  98. Kak aku nih kan kpoppers
    Tpi aku gk terlalu suka banget aku hanya suka musik dan keindahan kota korea saja dan saya seorang muslim
    Tpi saya tidak lupa mengerjakan lima waktu dan mengaji apakah saya salah juga?.

    BalasHapus
  99. Assalamualaikum, kak. Kak aku ini kpopers dari tahun 2012 sampe sekarang. Aku juga lumayan banyak ngoleksi lagu, poster, dan kaos kaos korea. Tapi aku gk pernah lupa dengan sholat 5 waktu, dzikir,membaca al qur'an setiap habis sholat, membaca juz ama dan iqro juga. Apa itu termasuk harma kak hukum nya?

    BalasHapus
  100. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarokatuh.
    Kak ada temen saya sudah tergila gila sama KPop.
    Saya sudah kasih tau tapi dia tetep ngeyel. Bagaimana cara yang efektif biar dia hijrah dan melupakan semua tentang KPop.

    BalasHapus
  101. Kakk beginiii mohon bantuannya agar saya bisa melupakan kpopers kakk. saya suka kpop sudah lama sekalii. saya ingin melupakan semua hal tentang kpopers kak. tapi dalam fikiran saya selalu teringat dan terbayangkan oleh wajah² bb Korea kak. saya sudah mencoba untuk mendengarkan lagu² sholawat seperti sholawat gus azmii. lisan saya memang bernyanyi sholawat. tapi dalam hati saya masih bernyanyi lagu² korea. apakah saya dosa kakk??. saya suka korea dan kesukaan saya kepada dunia kpop itu tidak menghalangi saya untuk beribadah. saya ketika bangun tidur membaca doa lalulalu men polaroid kpop di tembok malah menjadikan saya semangat kakk. entah mengapa saya sudah berusaha menyingkirkan nya tapi tidak bisa dalam fikiran saya. Mengidolakan sesuatu asal bisa mengubah diri kita menjadi lebih baik. nah itu yang terjadi pada diriku. tapi apakah masih doaa kak?? mengidolakan kan merupakan hak yang wajar kak

    BalasHapus
  102. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  103. Assalamualaikum,
    Saya sebagai kpopers selalu saja dinasehati oleh kakak saya dan orang tua saya bahwa saya jangan terlalu menyukai mereka karena saya seorang muslim. Mereka selalu membuat saya agar lebih dekat dengan Allah, saya juga selalu ingat akan waktu waktu untuk sholat mengaji dan lain lain.
    Tapi apakah salah jika kita menyukai K-Pop walaupun kita sudah mengimbangi dengan ibadah kepada Allah?.
    Mohan jawabannya kak saya bingung
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wb

    BalasHapus
  104. Assalamualaikum kak
    Aku seorang kpop tpi aku hanya mengagumi tampilan mreka aku jg tidak fanatik apalagi smpai mengoleksi dan mengikuti dia aku hanya menyukai dia untuk hiburan saja jdi menurut kakak gimana?

    BalasHapus
  105. Assalamualaikum kak aku kan suka KPop kalo aku suka lagu² mereka dan dance nya juga cuma sebatas hiburan aku juga punya fotonya tapi cowok kak kan aku cewek gmn itu boleh gk kak tapi aku tetep menjalankan ibadah juga kak minta sarannya ya kak terima kasih

    BalasHapus
  106. Assalamualaikum kk mau tanya..aku suka sama lagu dan dance kpop saja (hanya menyukai karya mereka) apa itu salah?menyukai lagu dan dance tanpa berharap dan membeli barang2 yang berbau kpop..apa itu salah kk?tolong sarannya kk

    BalasHapus
  107. Assalamualaikum, kak aku kpopers dan suka musik2 barat juga. Sering dengerin musik dan video2 mereka. Tapi saya juga sering dengerin sholawat dan ceramah-ceramah. Kalo jadi kpopers Cuma buat hiburan doang apakah tidak di perbolehkan? Saya juga kadang bisa ngambil hikmah dari menjadi Kpopers, contohnya lebih percaya diri dan mudah bergaul sesama. Jika saya bisa mengimbangi antara hobi dan agama apakah di perbolehkan?



    Terimakasih.

    BalasHapus
  108. Assalammualaikum kak,
    saya kpopers, saya suka dengeri dan lihat video mereka, tapi saya sebatas kagum, mereka(orng korea) yg seusia saya tpi sudah bisa menghasilkan uang sendiri, tidak lagi merepotkan orangtua mereka, saya hanya kagum. apa itu masih diperbolehkna?
    Dan saya menonton video(variety show/realty show) mereka hanya untuk hiburan, karna itu cukup menghibur.
    Untuk urusan agama, insya Allah saya sudah melakukan 5waktu + shalat sunnah + tadarus setiap harinya. saya bisa mengatur waktu, mana yg harusnya u/ ibadah, u/ belajar, dan u/ mencari hiburan.
    Kalo kaya gitu masih diperbolehkan kak? atau udh berlebihan? saya bingung kak!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum kak
      Menurut padangan islam kita jgn pernah menjadikan musuh Allah (orang kafir) sebagai tmn kita dan sesungguhnya Allah itu sangat membeci orang yg telah mengagumi musuh Allah SWT (orang kafir) jika kita seorang muslim dan muslimah sejati tunjuk kan lah klo kita bnr2 berada di jalan yang lurus dan benar
      Dmna hal itu jauh dri kata kpop itu.
      Sesungguhnya kelak pada hari kiamat sluruh Ummat manusia di kumpulan di padang mahsyar dmna di saat itu seakan akan matahari sejengkal di atas kepala kita
      Dan kita sebagai ummat Muhammad SAW akan di lindungi dri trik matahari di padang mahsyar
      Cbak di pikir nikmat mana yg kau dustakan dalam islam
      Dan ummat yg palng dulu masuk kedalam syurga iyalah ummat islam dri pada ummat nabi2 lainnya
      Segeralah kmbali ke jalan yang benar,kita hidup di akhir zaman perbanyak amal dan pahala sgma kita ttp dlam lindungan NYA

      Hapus
  109. Kak, Aku Suka Sama Kpop Gtu... Banyak Yang Saranin Aku Buat Ninggalin, Tapi Rasanya Gabisa... Selalu Ada Cobaan. Dan, Saya Kalau Buka Sosmed Meskipun Gk Follow OA Kpop Kpop Gtu, Pasti Munculnya Tetap Kpop... Jadi Setiap Saya Sudah Niat, Kembali Lagi Ke Kpop... Saya Juga Terkadang Koleksi Album, Photocard, Poster, Dan Merch Merch Yang Lain... Dan, Kalau Misalnya Semua Itu Dibuang, Uangnya Sayang...
    Bagaimana Baiknya Kak?

    BalasHapus
  110. Kak..kalo seumpama sukanya sama selain kpop misal kagum nya sama artis indo/hollywood gitu maka hukumnya gimana..
    Knpa yg dibahas kebanyakan kpop,,kan bnyak juga yg mengidolakan artis indo atau yg dr negara lain yg sama" dlm bidang film atau dlm bidang musik

    BalasHapus
  111. Assalamu'alaikum kak.
    Kak, aku ini kpopers, aku ga fanatik banget sama idol Korea, aku cuma kayak dengerin lagu kpop, kadang nonton mv kpop, kada liat video kpop di instagram, dan jg aku sering baca baca cerita kpop di HP, tapi kak, aku tetep sholat, tetep berzhikir, tetep belajar ngaji, tetep menutup aurat, dan aku jg ga ngikutin fashion Korea, aku tetep pake baju yg pantas buat aku pake, aku tetep pake kerudung, aku jg ga nyimpen satu pun foto idol k-pop di HP aku, aku jg ga punya kpop stuff satu pun, dan memang terkadang aku suka histeris sendiri kalo liat foto idol k-pop, tapi sekarang aku udh mulai agak dikurangin hal hal yg kayak gitu. Mmmm kalau seperti itu apa boleh kak aku tetep suka kpop?


    Mohon sarannya ya kak....
    Makasih

    BalasHapus
  112. Assalamualaikum kak
    Sy seoarang kpopers alasan sy menjadi kpopers agar sy berhenti atau tidak pacaran bagaimana itu kak? Tapi sy udah berniat kok untuk meninggalkan kpop
    Mohon saranyya kak

    BalasHapus
  113. Assalamu'alaikum kak.
    Kak saya seorang k-pop, saya mengidolakan mereka tetapi saya tidak pernah meninggalkan sholat, saya mengidolakan mereka tetapi bukan berarti saya melupakan kewajiban saya sebagai kaum Muslim:)
    Walaupun saya seorang k-pop, tetapi saya masih bisa mempertimbangkan waktu untuk melaksanakan sholat.
    Apakah itu salah kak??

    BalasHapus
  114. Assalamu'alaikum kak.
    Kak saya seorang k-pop,saya mengidolakan mereka tetapi saya tidak pernah meninggalkan sholat,saya mengidolakan mereka tetapi bukan berarti saya melupakan kewajiban saya sebagai kaum Muslim:)Walaupun saya seorang k-pop, tetapi saya masih bisa mempertimbangkan waktu untuk melaksanakan sholat.
    Apakah itu tetap salah kak??

    BalasHapus
  115. Assalamualaikum kak saya mau nanya
    apakah hukumnnya haram bila saya menjadikan foto mereka sebagai wallpapre hp saya? terima kasih

    BalasHapus
  116. Orang yang cinta sama k-pop sampe mati sampe kiamat tidak akan bertemu dengan Rasulullah, yang di cintain cuma k-pop aja, artis Korea itu tak Bersunat makan daging babi, mohon maaf alat kelamin mereka kotor

    BalasHapus
  117. Maaf kk saya kan suka sama kpop,saya suka itu karena perjuangan mereka dan mereka pun menjadi inspirasi saya, saya juga suka membeli barang" Berbau kpop seperti album dll,saya sdh berusaha keras untuk meninggalkan dunia kpop tetapi rasanya hatiku seperti hancur,karena kpop itu mengubah hidup saya. Meskipun begitu aq tetap selalu taat kepada Allah dan Rasulnya. Bagaimana agar bisa lebih mendekatkan iman daripada kpop tetapi kpop itu tdk bisa dihilangkan di hati??

    BalasHapus
  118. Teman saya bernama Sipa ya... Sebut saja si Sapi karena teman teman mengejeknya begitu, dia suka banget ama kepop udah ay ceramahin tetep aja dia ngindar dari temen temennya, sudah jelaskan kepop itu Haram(حرام), dia bilang bodo amat, orang Islam yang lain aja main mobilejen, bisa banget ngomongnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana menyikapi orang yang sifatnya seperti itu?? Terima kasih

      Hapus
  119. #BAHASRONNEANNE sid tolong sepertinya film trolls world tour adalah kepercayaan orang islam atau kafir???? bagaimana menyikapi barb menyukai azab? terima kasih. ustadz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAJIB TAU!kenapa orang islam menonton film trolls world tour?menurut ustadz.

      Hapus
  120. WAJIB TAU!gimana orang muslim menonton film trolls world tour itu kafir.

    BalasHapus
  121. assalamualaikum ka aku mau nanya tolong jwb ya,aku juga kpopers lantas apa hukumnya klo tidak pernah meninggalkan solat,ngaji,dengerin solawat,tapi sesekali dengerin lagu kpop sama mv videonya?
    sbnrnya aku msk kpop cuma buat hiburan doang:)

    BalasHapus